Strategi Jitu Tingkatkan Profit Lewat Digital Marketing

Tak bisa dipungkiri lagi kalau pemasaran digital atau digital marketing menjadi salah satu saluran pemasaran yang sangat efisien. Tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi seperti beriklan di radio, televisi, ataupun billboard namun kalian tetap bisa menjangkau target yang luas untuk tingkatkan profit usahamu.
Digital marketing bisa dikatakan sebagai pilar yang sebenarnya harus dikuasai oleh pemilik bisnis, khususnya pemilik UKM. Cost yang minim dan jangkauan pemasaran yang luas bisa menjadi kunci bagi UKM untuk terus berkembang, terutama di tengah pandemi virus corona seperti sekarang.
Nah sekarang kita ingin ngasih tau nih, beberapa saluran digital marketing yang bisa kalian manfaatkan.

Social-Media Marketing


Instagram Pinnacle House Indonesia
UKM bisa memanfaatkan Instagram untuk memasarkan produknya (Sumber: Instagram @pinnaclehouseindonesia)
Riset yang dilakukan HootSuite menunjukkan kalau ada 160 juta pengguna aktif media sosial di Indonesia. Itu berarti dari total populasi Indonesia yang berjumlah 272 juta jiwa, maka 58,2 persen diantaranya merupakan pengguna aktif media sosial. Sebanyak itu loh!
Ada banyak platform media sosial yang bisa kalian gunakan, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, hingga Tiktok. Kalian bisa menyesuaikan dengan target pasar yang ingin dituju. Ohiya yang paling penting, kamu tak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan social-media marketing ini.
Beberapa platform media sosial juga telah menghadirkan fitur iklan berbayar lho, seperti Instagram atau Facebook Ads. Melalui fitur ini, kalian bisa memasang iklan dengan targeting audiens yang jauh lebih sempit dan tertarget. 
Misalnya, ketika kalian berjualan produk peralatan rumah tangga, iklan yang dibuat bisa diatur agar hanya ditampilkan ke audiens yang sesuai dengan target produk kalian, seperti audiens berjenis kelamin perempuan berumur 24-35, tinggal di daerah tertentu, menyukai topik A, hingga audiens yang baru saja menikah. Alhasil, iklan yang kalian buat benar-benar dilihat oleh audiens yang sesuai dengan target penjualan produk kalian.

Instant Messaging Marketing

ChatBot Instant Messaging Marketing
Penggunaan ChatBot di Instant Messaging yang ada di Facebook (Sumber: Facebook Pinnacle House Indonesia)
Siapa sih yang nggak pakai aplikasi instant messaging? Kayaknya hampir semua orang pakai deh, mau itu Whatsapp, Line, Telegram, atau bahkan Facebook Messenger. Bahkan, menurut data dari Kominfo, pengguna Whatsapp di Indonesia per tahun 2019 lalu sudah mencapai 171 juta jiwa lho.
Platform Instant Messaging bisa kalian gunakan untuk menjangkau target pasar secara lebih personal. Kalian juga bisa bergabung ke grup-grup yang ada di aplikasi instant messaging untuk memperluas relasi sekaligus melakukan soft-selling. Karena dalam bisnis, relasi itu penting lho.
Seiring perkembangan teknologi, artificial intelligence juga telah masuk ke platform instant messaging dalam bentuk chatbotChatbot ini bisa bisa menggantikan peran customer service untuk membantu pelanggan dalam mengatasi masalah yang mereka temukan atau bahkan membantu mereka untuk berbelanja. seperti fitur yang dimiliki oleh PowerChat milik PowerCommerce.Asia.

Influencer Marketing

Influencer Marketing di Instagram
Brand Imboost yang memanfaatkan influencer untuk marketing (Sumber: IG @csugiono)
Di era media sosial seperti sekarang ini, influencer menjadi cara pemasaran yang cukup diminati. Influencer itu sendiri merupakan seseorang yang memiliki followers atau audiens yang cukup banyak di media sosial mereka dan juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap followers-nya.
Apa yang influencer ini lakukan bisa menginspirasi atau mempengaruhi followersnya, termasuk untuk membeli sebuah barang. Hanya saja influencer marketing ini biasanya memakan biaya yang cukup besar, tergantung dari jenis influencer yang digunakan, apakah micro-influencer (followers di bawah 50ribu) atau macro-influencer (followers di atas 50ribu).
Ketiga saluran tadi itu baru sebagian kecil lho dari dunia digital marketing yang bisa kalian manfaatkan. Kira-kira cara yang mana nih yang paling cocok untuk bisnis kalian?
Oh iya di tengah pandemi virus corona saat ini, kalian juga bisa memanfaatkan toko online atau web-commerce untuk berjualan. Salah satunya dengan membangun toko online melalui platform PowerBiz web-commerce.
Selamat mencoba!

Komentar

Postingan Populer